Curug Muara Jaya Majalengka biasa juga dikenal sebagai Curug Apuy berada pada aliran Sungai Muara Jaya, tepat di lereng Gunung Ciremai.

Curug ini tergolong air terjun bertingkat atau cascade dengan tinggi terjunan air keseluruhan mencapai sekitar 73 meter.

Terdapat 2 tingkat air terjun di sana.  Tingkat yang pertama merupakan air terjun utama yang jatuh air tersebut dari ketinggian mencapai sekitar 60 meter di dinding tebing berbatu.

Sementara tingkat yang kedua merupakan air terjun yang lebih pendek jaraknya hanya setinggi sekitar 13 meteran.

Kawasan sekeliling Curug Muara Jaya memiliki udara yang sejuk.  Tanahnya sangat subur, sehingga banyak ditemui hamparan kebun palawija dan sayur mayur.  Di wilayah ini juga banyak sekali pohon kesemek yang tumbuh.

Setiap tahun, di obyek wisata ini digelar upacara Pareresan yang biasa dilakukan masyarakat setempat setelah melakukan panen raya.

Curug Muara Jaya Berjarak kurang lebih 83 km sisi barat daya Kota Cirebon atau lebih dari 23 km km arah tenggara ibu kota Kabupaten Majalengka serta bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat hingga dekat lokasi.

Bila mengambil jalur dari kota Majalengka terlebih dulu berkunjung di Maja yang merupakan kota kecil kecamatan yang disebut sentra sayuran Majalengka. Dari sana lalu dilanjutkan menuju desa Argalingga.

Keadaan jalan menuju desa ini sempit, sangatlah susah untuk dua kendaraan empat berpapasan, menanjak serta berkelok. Di sebagian tempat banyak aspal mengelupas tersisa batu-batu serta lubang jalan. Hal semacam ini berlangsung di seputar 2 km paling akhir menuju desa Argalingga.

Setiba di desa Argalingga bakal didapati pertigaan. Belokan ke kiri menuju Rajagaluh melalui kecamatan Sindangkerta (adalah alternatif jalan ke desa Argalingga bila tak lewat Maja). Sedang untuk belokan ke kanan ke desa Argamukti, tempat curug ini ada.

Jarak dari pertigaan ini seputar 2 km sampai tiba di desa Argamukti. Keadaan jalan ke desa ini sama dengan pada awal mulanya sempit, aspal mengelupas serta turun naik.

Sumber : alampriangan.com

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published.